RENCANA STRATEGIS BAGIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

RENCANA STRATEJIK

  4.1.           Visi

Visi Bagian Administrasi Pembangunan merupakan cara pandang jauh kedepan yang berisikan cita-cita yang ingin diwujudkan dan sekaligus menentukan arah perjalanan yang hendak dicapai dimasa depan natinya. Visi tersebut digali dari keyakinan dasar dan nilai-nilai yang dianut seluruh anggota organisasi Bagian Administrasi Pembangunan yang didasarkan pada tugas pokok dan fungsinya serta dengan mempertimbangkan faktor internal maupun eksternal. Oleh karena itu penetapan Visi adalah hal yang sangat penting sebagai sumber acuan pelaksanaan tugas yang diemban oleh seluruh jajaran pimpinan dan staf.

Visi Bagian Administrasi Pembangunan :“ Sebagai pengendali administrasi proyek yang tertib dan transparan serta professional dalam pelaksanaan program-program pembangunan  Kabupaten Malang. ”      

                   Untuk mewujudkan visi tersebut, Bagian Administrasi Pembangunan merumuskan misi yang menggambarkan amanah apa yang harus dituntaskan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil sesuai dengan visi yang telah ditetapkan.              

4.2.           Misi

Misi Bagian Administrasi Pembangunan :“ Mewujudkan penyusunan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan program pembangunan yang dibiayai APBD, DAU dan sumber dana lainnya.”

Misi  tersebut merupakan pernyataan  cita-cita  secara prospektif tentang aspek-aspek fungsional sebagai  tugas  Bagian  Administrasi Pembangunan.  Misi adalah merupakan penjabaran terhadap visi sebagaimana tersebut pada uraian diatas  Dengan  pernyataan yang sudah melekat pada misi itu, maka pihak  Pemerintah Daerah menuntut pada Bagian Administrasi Pembangunan  untuk mengimplementasikan secara  nyata di masa mendatang.

          Dalam misi tersebut, adalah mengandung maksud bahwa : Konsep-konsep penugasan (tanggung jawab) yang harus dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan dapat dilaksanakan secara maksimal.

Pertimbangan itu sekaligus menguatkan eksistensi misi Bagian Administrasi Pembangunan yang diharapkan dapat terwujud dengan baik. Misi Bagian Administrasi Pembangunan itu juga  didahului  oleh  pertimbangan  rasionalitas,  percepatan  perubahan  dan kebutuhan pelaksanaan  Otonomi  Daerah, yakni:

1). Dibutuhkan adanya pedoman kerja yang jelas untuk melaksanakan program pembangunan di daerah, secara teknis dengan adanya pedoman yang praktis dan jelas maka dalam mengimplementasikan program pembangunan daerah makin tertib, terarah, benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Sistematik kinerja seperti ini dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam rangka pelaksanaan program – program pembangunan di daerah agar lebih professional.      

         2) Kinerja di Daerah membutuhkan institusi pengendalian yang baik agar berbagai bentuk penyimpangan sehubungan dengan penggunaan biaya yang  dialokasikan  untuk  program-program pembangunan  dapat  diminimalisasi.

               Institusi pengendalian yang berada di bawah tanggung jawab Bagian Administrasi Pembangunan ini akan mampu  berjalan dengan  baik jika  masing-masing pejabat mau menghargai arti pentingnya potensi dan  kemandirian yang menjadi konsekuensi logis  pelaksanaan Otonomi Daerah.

 3)      Pelaksanaan  poin (2) dapat membuahkan  hasil  bagi  pembangunan  dan masa depan Daerah, sebab pelaksanaan itu sama dengan dituntut untuk melakukan efisiensi  di berbagai sektor pembangunan.  Program-program  pembangunan yang sulit dikontrol, tidak jelas sasarannya dan diperkirakan  kecil   manfaatnya, sementara akibat buruk dari sulitnya  diminimalisir, maka  hal itu dapat ditangguhkan atau ditiadakan.

4) Bagian  Administrasi Pembangunan dapat menjadi unsur  struktural  dan  fungsional yang strategis, sebab tugas-tugas yang dipercayakan menyangkut implementasi Otonomi Daerah secara makro, yaitu ada  Sub. Bagian Administrasi Pembangunan, Sub. Bagian Pengendalian dan Sub. Bagian Penyusunan dan Pelaporan yang berhubungan erat dengan masalah penggunaan sumberdana daerah. Kewibawaan daerah, yang tergantung pada implementasi program-program  pembangunannya adalah ditentukan oleh kemampuan dan kemauan SDM (Capabilitas SDM). 

4.3.           Tujuan dan Sasaran

Berkaitan  dengan  upaya mencapai misi  yang  sudah  dibahas sebelumnya, maka pembahasan ini difokuskan  pada tujuan dan sasaran seperti dibawah ini :

a.  Tujuan

                 Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa tujuan Bagian  Administrasi Pembangunan Kabupaten Malang  adalah  berpijak pada pencapaian misi, maka untuk mencapai sasaran tersebut, Bagian Administrasi Pembangunan harus melaksanakan  ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan dalam organisasi lingkup  Pemerintah Kabupaten,  sehingga kinerjanya meskipun  bermacam-macam, tetapi  tetap pada misi dan visinya.  Tujuan ini  juga  mengisyaratkan  tentang program jangka panjang, yakni lebih dari  satu tahun, sebab dalam pelaksanaan program kerja  itu  dibutuhkan adanya keahlian akurasi  (ketepatan),  dalam mengolah dan menyajikan data administrasi, tujuan ini nantinya juga menjadi arah perjalanan Unit Kerja yang di bawahinya.

Tujuan Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten Malang yang  sejalan dengan misinya adalah sebagai berikut:

1) Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan aparatur serta memantapkan pelayanan administrasi sesuai prosedur

 b. Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur yang akan dicapai dalam jangka waktu satu tahun atau dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Titik utama sasaran adalah pelaksanaan , alokasi, distribusi  pemanfaatan seluruh sumberdaya (Sumber Daya Manusia serta Sarana dan Prasarana) dan kapabilitas organisasi yang mengarah pada hasil yang nyata. Berdasarkan pada pengertian tersebut, Bagian Administrasi Pembangunan menetapkan sasaran sebagai berikut :

Mengenai sasaran-sasaran yang akan dicapai oleh Bagian Administrasi Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang adalah : Terwujudnya Sinergitas dan Koordinasi yang dinamis antar SKPD”.

4.4.           Strategi

Strategi adalah cara yang ditempuh dalam rangka pencapaian misi. Strategi diuraikan ke dalam arah kebijakan, program dan kegiatan prioritas yang akan diimplementasikan dalam periode tertentu.

Untuk menjaga konsistensi Visi dan Misi, terutama dalam menjabarkannya pada kebijakan bidang kerjasama Kabupaten Malang selama lima tahun kedepan. Maka Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Malang telah menetapkan strategi untuk mewujudkan Visi dan   Misi Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Malang, sebagai berikut :

1.      Koordinasi, adalah suatu upaya komunikasi yang dijalin, baik secara horizontal maupun diagonal untuk   mencapai tujuan tertentu;

2.      Integrasi, adalah proses penyatuan tujuan berbagai unsur untuk mencapai tujuan bersama;

3.      Sinkronisasi, adalah upaya penciptaan suatu penyelarasan dari berbagai rencana kebijakan untuk mencapai tujuan tertentu;

4.      Simplikasi, adalah upaya perumusan produk dan kebijakan kerjasama dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

4.5.           Kebijakan

Memantapkan sistem kepegawaian dan sistem pengawasan dalam mencapai pemerintahan yang bersih dan bertanggungjawab dan disiplin dengan pola karir yang mengacu prestasi kerja dan kemampuan profesional, peningkatan pelayanan dan pemantapan administrasi yang didukung sarana dan prasarana yang memadai.

 


 


Last Update:26-06-2015 10:46